Mengatasi maslah yang membuat motor mini

Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada Mesin Mini Motor


Motor mini memang menggunakan mesin yang sedikit berbeda dengan mesin motor pada umumnya. Motor mini ini menggunakan Mesin motor mini 2 tak 49cc tanpa ada wadah oli mesin. cara menghidupkannya pun sedikit berbeda yaitu dengan menggunakan tarikan tangan / pullstart. Bahan bakar yang digunakan adalah bensin / pertamax / pertalite yang dicampur dengan oli samping 2 tak dengan takaran 20 : 1 ( bensin : oli ).

Dengan tidak adanya oli mesin maka butuh perawatan khusus agar mesin motor mini tetap awet. Ada beberapa masalah umum yang sering muncul pada mesin mini motor. Kali ini akan di jelaskan masalah yang sering muncul dan bagaimana cara mengatasinya. Cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada mesin motor mini GP, Trail atau ATV sebagai berikut :

1. Pullstart / tarikan ngeLoss
Pull start merupakan bagian paling pital pada mini motor, karena pull start di gunakan untuk menghidupkan mini motor. Adapun penyebab sering terjadinya kerusakan pada pull start di karenakan pada saat melakukan penarikan pull start posisi penarikan tidak lurus (miring) yang mengakibatkan tali dan per pada pull start jadi mudah mudah putus. Agar pullstart awet maka pada saat penarikan harus pada posisi lurus dan pada bagian pull start juga harus dilakukan perawatan, seperti : memberikan oli dan membersihkannya.
 Pullstart / tarikan motor mini

ada beberapa jenis pullstart yang beredar dipasaran dengan perbedaan terletak pada ukuran mata pullstart dan jumlah per yang digunakan. Jika anda mendapati per putus, bongkar per pullstart dan buat bengkokan lagi sesuai ukuran bengkokan yang terputus. Jika pecah rumah pullstartnya maka anda harus mengganti dengan yang baru. Pastikan pullstart ukurannya sesuai dengan kipas magnetnya.

2. Bensin pada karburator bocor
Karburator merupakan salah satu komponen utama mesin. Fungsi utamanya yaitu alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Nah, terkadang ada beberapa masalah yang ditimbulkan oleh karburator, salah satunya bocornya bensin

Kenapa sih bensin bisa keluar sendiri dari selang karburator? Dalam istilah orang awam nih yaa, yaitu karburatornya banjir, karena plat pelampung sebagai penahan jarum tersebut sudah terlalu tertekan keatas.  Nah ini solusinya :

Pertama-tama kita buka terlebih dahulu mangkuk karburator/penampung minyak.
Kedua maka akan terlihat plat yang berfungsi sebagai penahan jarum tempat keluarnya bensin yang menuju kemangkuk karburator.
Ketiga stel/bengkokan sedikit ke bawah, kenapa? Hal ini merupakan bengkokan plat tersebut ialah berfungsi untuk menahan pelampung dan pelampung akan mengapung apabila mangkuk karburator terisi, dan lubang minyak akan tertutup oleh jarum yang ditekan oleh plat tersebut.
Keempat pasang kembali mangkuknya.
Kelima kalian tunggu beberapa menit apakah masih banjir atau tidak, jika tidak maka kalian berhasil dan jika keluar bensinnya cobalah ulangi langkah-langkahnya.
3. Mesin Nyala normal, tapi Saat di gas tidak keluar tenaga / jalan pelan
Jika anda mendapati kasus serti diatas, maka bisa dipastikan yang bermasalah adalah kampas kopling otomatisnya. Silahkan buka mesin sebelah kanan untuk melihat pagian kopling. ada 2 masalah yang sering mucul yaitu kampas kopling habis atau per kopling putus. Jika anda mendapati hal tersebut, segera ganti dengan kampas kopling yang baru. Agar kopling tetap awet sebaiknya pada saat penarikan gas dilakukan secara perlahan.



Kopling adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis. Kopling biasanya tidak mengizinkan pemisahan antara dua poros ketika beroperasi, namun saat ini ada kopling yang memiliki torsi yang dibatasi sehingga dapat slip atau terputus ketika batas torsi dilewati. Dengan pemilihan, pemasangan, dan perawatan yang teliti, performa kopling bisa maksimal, kehilangan daya tarikan.

   Ayo jgn takut mencoba sendiri kalau ada solusi nya oke selamat mencoba ya sobat.


                          Wasalam

Komentar

Postingan Populer