Cara membuat lampu 7 huruf berjalan

Rangkaian ini memiliki prinsip yang sama dengan rangkaian sebelumnya, yaitu led berjalan sederhana 7 (tujuh) canal. Rangkaian ini lebih komplit dengan 2 (dua) buah IC 74164 sekaligus sehingga menghasilkan 15 canal. Canal ini kemudian dihubungkan led sedemikian rupa (seri-paralel) sehingga membentuk tulisan tertentu sesuai yang kita inginkan.




Untuk rangkaian bisa dilihat dari gambar dibawah ini, rangkaian papan nama berjalan ini masih model manual belum menggunakan dot matrix ataupun running text yang menggunakan kode tertentu untuk di inputkan kepada ICnya. Penyusunan led untuk membentuk huruf yang sedemikian rupa yang perlu sekali di perhatikan. Sehingga led yang dirangkai menjadi huruf-huruf tersebut akan menjadi sebuah tulisan sehingga rangkaian ini disebut rangkaian papan nama berjalan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Membuat Rangkaian Papan Nama Berjalan dari susunan LED
Gunakan LED biasa bisa juga bening
Warnai bagian atas PCB dengan warna gelap (hitam).
Perhatikan spesifikasi LED. Pada percobaan ini gunakan LED biasa merah, spesifikasi tegangannya sebesar 3 volt atau 4,5 volt
Cara pemasangan dan menyusun LED :

Satu huruf tersusun paling banyak 5 kolom dan 7 row.
Satu kolom paling banyak tersusun oleh 6 LED yang diseri.
Kemudian kelima kolom dihubung secara paralel.
Setiap kolom diberi hambatan, Rx, yang besarnya tergantung pada banyaknya LED dalam satu kolom dan tergantung juga pada jenis LED.
Pada kolom yang terdiri dari 6 LED, Rx = 330 ohm; 5 LED, Rx = 560 ohm; 4 LED, Rx=680 ohm
Ingat, kamu harus bisa uji coba jika dengan warna lain .
Setiap huruf diberi penguat transistor FCS9013.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer